sesudah kesulitan pasti ada kemudahan...asalkan ada niat....usaha......dan do'a....... keepp fight!!!!

Rabu, 29 Mei 2013

Implikasi Filosofi konstruktivisme dalam aplikasi pembelajaran biologi




1.      Bagaimana peran guru
a.       Memahami kesulitan-kesulitan belajar siswa dalam mempelajari biologi dan berusaha membantu memecahkannya.
b.      Membangun interaksi yang baik kepada siswa sehingga siswa merasa nyaman dalam berkomunikasi.
c.       Melatih siswa untuk peka terhadap lingkungan.
d.      Memberikan pengalaman yang berhubungan dengan gagasan yang telah dimiliki siswa agar memperluas pengetahuan siswa tentang fenomena.
e.       Memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan gagasan secara eksplisit dengan menggunakan bahasa siswa sendiri, berbagi gagasan dengan temannya dan mendorong siswa memberikan penjelasan tentang gagasannya.
f.       Memberikan kesempatan siswa untuk berpikir tentang pengalamannya agar siswa berpikir kreatif, imajinatif, mendorong refleksi tentan gteori dan model, mengenal gagasan-gagasan sains pada saat yang tepat.
g.      Memberikan kesempatan siswa untuk mencoba gagasan baru agar siswa terdorong untuk memperoleh keyakinan diri dengan menggunakan berbagai kontek, baik yan gtelah dikenal maupun yang baru sehingga siswa termotivasi untuk menggunakan berbagai strategi belajar.
h.      Memberikan lingkungan belajar yang mendukung siswa mengungkapkan gagasannya.
i.        Guru lebih menekankan pada transfer belajar bila dibandingkan dengan transfer ilmu.
j.        Guru harus mengatur lingkungan belajar siswa dikelas.
k.      Melatih siswa memecahkan masalahnya sendiri.
2.      Bagaimana peran siswa
a.       Siswa secara aktif membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman nyata.
b.      Siswa dapat mengemukakan gagasannya sebagai topik belajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan.
c.       Siswa dapat mengembangkan gagasan awal yang telah dimilikinya yang memungkinkan adanya perubahan tambahan dari guru.
d.      Siswa harus lebih aktif berinteraksi dengan lingkungan.
e.       Siswa harus berusaha menghargai pendapat-pendapat dari temannya.
f.       Siswa harus lebih mandiri dalam belajar.
g.      Siswa berlatih memecahkan masalahnya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

choy...beri komentar ya... buat perbaikan gitu....