1.
Bagaimana
peran guru
a. Memahami
kesulitan-kesulitan belajar siswa dalam mempelajari biologi dan berusaha
membantu memecahkannya.
b. Membangun
interaksi yang baik kepada siswa sehingga siswa merasa nyaman dalam
berkomunikasi.
c. Melatih
siswa untuk peka terhadap lingkungan.
d. Memberikan
pengalaman yang berhubungan dengan gagasan yang telah dimiliki siswa agar
memperluas pengetahuan siswa tentang fenomena.
e. Memberikan
kesempatan siswa untuk mengungkapkan gagasan secara eksplisit dengan
menggunakan bahasa siswa sendiri, berbagi gagasan dengan temannya dan mendorong
siswa memberikan penjelasan tentang gagasannya.
f. Memberikan
kesempatan siswa untuk berpikir tentang pengalamannya agar siswa berpikir
kreatif, imajinatif, mendorong refleksi tentan gteori dan model, mengenal
gagasan-gagasan sains pada saat yang tepat.
g. Memberikan
kesempatan siswa untuk mencoba gagasan baru agar siswa terdorong untuk
memperoleh keyakinan diri dengan menggunakan berbagai kontek, baik yan gtelah
dikenal maupun yang baru sehingga siswa termotivasi untuk menggunakan berbagai
strategi belajar.
h. Memberikan
lingkungan belajar yang mendukung siswa mengungkapkan gagasannya.
i.
Guru lebih menekankan pada transfer
belajar bila dibandingkan dengan transfer ilmu.
j.
Guru harus mengatur lingkungan belajar
siswa dikelas.
k. Melatih
siswa memecahkan masalahnya sendiri.
2.
Bagaimana
peran siswa
a. Siswa
secara aktif membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman nyata.
b. Siswa
dapat mengemukakan gagasannya sebagai topik belajar yang sesuai dengan materi
yang diajarkan.
c. Siswa
dapat mengembangkan gagasan awal yang telah dimilikinya yang memungkinkan
adanya perubahan tambahan dari guru.
d. Siswa
harus lebih aktif berinteraksi dengan lingkungan.
e. Siswa
harus berusaha menghargai pendapat-pendapat dari temannya.
f. Siswa
harus lebih mandiri dalam belajar.
g. Siswa
berlatih memecahkan masalahnya sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
choy...beri komentar ya... buat perbaikan gitu....